Ini Tiga Perusahaan yang "Rebutan" Volvo Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif - Sambil menunggu masa depan Volvo di Indonesia, mari simak sejenak tiga perusahaan yang tengah berebut posisi sebagai pemasar tunggal di masa depan. Keempat perusahaan ini saat ini tengah menjalankan studi kelayakan dari prinsipal, Volvo Cars untuk dipilih jadi mitra usaha di Indonesia.

PT Grandauto Dinamika (GAD)

Perusahaan ini dikenal sebagai ranting grup otomotif asal Singapura Wearnes Automotive PTE LTD. Di Indonesia, GAD memegang kendali pemasaran beberapa merek Eropa, seperti Jaguar, Land Rover, dan Bentley.

GAD baru saja meresmikan dealer Jaguar Land Rover di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan yang diklaim terbesar di Asia Tenggara. Modal usaha yang dikeluarkan untuk fasilitas ini diklaim menembus Rp 300 miliar. Selain itu, perusahaan induk Wearnes Automotive saat ini sudah memasarkan Volvo di Singapura, Thailand, Hong Kong, dan China. 

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun lalu penjualan Land Rover tercatat mencapai 205 unit. Sementara, hasil kinerja Jaguar mencapai 50 unit. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, Land Rover baru berhasil menjual 59 unit mobil, sedangkan Jaguar baru 5 unit.

PT Geely Mobil Indonesia (GMI)


Merupakan bagian dari AMG Group Indonesia yang juga memiliki jaringan pemasaran sepeda motor gede Motorave. Bersama PT Global Mandiri Autonusa sebagai distributor utama, GMI masih memasarkan produk Geely di Indonesia.  Beroperasi sejak kuartal pertama 2013, saat ini Geely mengklaim sudah memiliki 15 cabang pemasaran di seluruh Indonesia. 

Sayang, nama merek yang masih asing dan ketatnya persaingan di pasar otomotif nasional, membuat produk-produk Geely kurang laris. Geely mengandalkan beberapa model untuk pasar Indonesia, yakni Panda, LC Cross, Sedan MK, MK2 (hatchback), MK Cross, Emgrand7, dan Emgrand7-RV (hatchback).

Data Gaikindo menunjukan, sepanjang 2014, Geely baru berhasil menjual 193 unit mobil. Terlaris mobil kota Panda GL transmisi manual dengan torehan 38 unit.

PT Garansindo Inter Global 

PT Garansindo Inter Global merupakan perusahaan lokal yang mendapat kepercayaan dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA) memasarkan beberapa merek di bawah naungannya, yakni Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo.

Penunjukan Garansido sudah terjadi sejak MoU ditandatangani, 2008 lalu. Kini, Garansindo sudah mengoperasikan total 15 jaringan resmi di seluruh tanah air, mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Surbaya, Bali, Sulawesi, Medan, Pekanbaru, dan Palembang. 

Garansindo pernah mengklaim kalau berhasil menjadikan Indonesia sebagai penyumbang penjualan terbesar merek-merek FCA di Asia Tengara periode 2011-2014. Cakupan pasar Indonesai ditaksir mencapai 60 persen dari total penjualan di Asia Tenggara. Hasil ini relatif boleh dibilang sukses dalam upayanya mengembalikan merek-merek yang hampir punah di Indonesia.

Data Gaikindo menunjukan, kalau tahun lalu saja, penjualan Garansindo yang mencakup, Jeep, Chrysler, Dodge, dan Fiat mencapai 1.614 unit. Hasil ini membawa mereka menduduki peringkat ketiga merek premium, di bawah Mercedes-Benz 3.585 unit dan BMW 2.547 unit. 

Menurut Anda siapa kandidat terkuat?

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/05/11/080000815/Ini.Tiga.Perusahaan.yang.Rebutan.Volvo.Indonesia

Related Posts:

0 Response to "Ini Tiga Perusahaan yang "Rebutan" Volvo Indonesia"

Posting Komentar